DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN

TANGERANG (BPPI JBN) – Program Kampung Iklim (ProKlim) yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertujuan untuk memberikan pengakuan dan apresiasi terhadap partisipasi masyarakat yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi gas rumah kaca nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim. Tahun 2024, pembukaan pendaftaran pemberian Apresiasi ProKlim dibuka pada bulan Februari, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pendampingan pengisian formulir ProKlim di daerah mulai gencar dilakukan. 

Di akhir bulan Februari 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang menggandeng Seksi Wilayah I Balai PPI JabalNusa melaksanakan sosialisasi dan pendampingan pengisian lembar isian excel ProKlim. Sosialisasi dan pendampingan pengisian lembar isian excel ProKlim dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari 5 RW di Kecamatan Panongan yang rencananya  akan didaftarkan tahun ini. Sosialisasi ProKlim dilaksanakan di Balai RW 05 Perumahan Graha Lestari Mekar Bakti.

Acara dibuka oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Ati Rubianti dan Ketua RW 05 Perumahan Graha Lestari Mekar Bakti.  Dalam materi pengantar, narasumber dari Balai PPI JabalNusa yang diwakili oleh Rosmerry menyampaikan bahwa ProKlim merupakan aksi nyata di tingkat tapak untuk mendukung pengendalian perubahan iklim. “ProKlim adalah gerakan yang dipelopori oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim. Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat yang menjadi kebiasaan yang sebenarnya adalah bentuk adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.” Ujarnya. Dalam sesi diskusi peserta aktif bertanya terkait syarat dan proses pendaftaran ProKlim melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI).

Pada sesi kedua, perwakilan Seksi Wilayah I melakukan pendampingan pengisian lembar isian excel ProKlim yang merupakan salah satu tahapan pemenuhan dokumen teknis yang harus diunggah ke dalam Sistem Registri Nasional (SRN PPI). Pendampingan pengisian lembar isian excel ProKlim di fokuskan pada cara pengisian setiap kolom data dan informasi serta identifikasi aksi atau kegiatan yang sesuai dengan komponen-komponen yang ada. Untuk mempermudah identifikasi aksi/kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, dilakukan pemetaan menggunakan e-katalog ProKlim yang disusun oleh tim Balai PPI JabalNusa. Pada kesempatan ini, Rosmerry menyampaikan bahwa Balai PPI JabalNusa akan melakukan deskreview terhadap setiap usulan yang masuk ke SRN PPI sehingga proponen diharapkan dapat menyampaikan dokumen pendukung secara lengkap serta memperhatikan batas waktu pendaftaran.  (JBN, Ed.JDC)

-oOo-

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI