DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

Advanced Draft Benefit Sharing Plan

Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim bekerjasama dengan World Bank dan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi sedang mengembangkan kegiatan REDD+ dengan skema Result Based Payment melalui kegiatan Bio Carbon Fund Integrated Sustainable Forest Landscape (BioCF ISFL). Kegiatan ini didukung pendanaan multilateral, yang dikelola oleh World Bank sebagai trustee.  Program ini bertujuan mempromosikan pengurangan emisi gas rumah kaca dari sektor lahan, penurunan deforestasi dan degradasi hutan di negara-negara berkembang, pertanian berkelanjutan, serta perencanaan, kebijakan dan praktek penggunaan lahan yang lebih baik melalui kegiatan REDD+. Kegiatan BioCF ISFL terdiri dari bebeapa fase yaitu fase persiapan (tahun 2019 – Desember 2020), Fase pre investment ( 2020 – 2025) dan fase result based payment. 

Saat ini proyek dimaksud dalam masa persiapan yang salah satu output persiapan ini adalah kelengkapan dokumen Emission Reduction Program Document (ERPD).  Dalam rangka memenuhi kelengkapan ERPD dan penyiapan fase RBP diperlukan beberapa upaya di antaranya penyusunan dokumen Benefit Sharing Plan (BSP).

Saat ini dokumen BSP telah memasuki tahap advanced draft yang akan difinalisasi setelah perhitungan MAR selesai dan negosiasi ERPA dilaksanakan. Dokumen advanced draft BSP dapat diunduh di sini.

Executive Summary_BSM BioCF_Bahasa.pdf
Executive Summary_BSM BioCF_English.pdf
2023.12_Indonesia Advanced Draft BSP.pdf

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI