DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

MANGGALA AGNI TERIMA PENGHARGAAN PROGRAM UDARA BERSIH

KINTAMANI (BPPI-JBN)Manggala Agni menerima Penghargaan Program Udara Bersih (Clean Air Champion Award) Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024 di Bogor (27/03/2024). Pada kesempatan tersebut, anggota Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI, Haris Suyanto, berhasil memperoleh penghargaan Clean Air Champion Award 2024 kategori individu, sementara Sahat Irawan Manik dari Seksi Wilayah II Balai PPI Wilayah Kalimantan menerima penghargaan serupa dengan kategori regu/kelompok.

Clean Air Champion Award Indonesia 2024 merupakan penghargaan yang diberikan oleh Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University bekerjasama dengan Farmers Initiatives for Ecological Livelihood and Democracy (FIELD) dalam upaya meningkatkan udara bersih dari berbagai kegiatan utama terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Penyerahan Clean Air Champion Award Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024 dilaksanakan di IPB International Convention Center, Bogor setelah sebelumnya diselenggarakan di masing-masing regional. Penyerahan tingkat provinsi/kabupaten wilayah Kalimantan telah dilaksanakan pada 8 Maret 2024 di Pontianak, Kalimantan Barat sedangkan tingkat provinsi/kabupaten wilayah Sumatera pada 15 Maret 2024 di Pekanbaru, Riau.

Bambang Hero Saharjo, Direktur Regional Forest Fire Management Resource Center-Southeast Asia (RFMRC-SEA) yang juga selaku ketua tim pelaksana kegiatan dan ketua tim seleksi mengungkapkan penerima penghargaan dipilih berdasarkan hasil seleksi dari kriteria dan indikator sebagai dasar penilaian. Selain itu, proses seleksi yang ketat didukung oleh Senior Behavioural Scientist dari Influence at Work yang berkedudukan di United Kingdom.

Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University, Naresworo Nugroho, menambahkan pada kesempatan tersebut juga akan diluncurkan Aplikasi Pemantau Udara PM2.5 dan Fire Simulator yang dikembangkan oleh IPB University serta SiPongi+ yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Manajemen Fire Landscape, Raffles B. Panjaitan, juga mengapresiasi peran serta seluruh pihak, terutama akademisi, dalam pengendalian karhutla. Pemberian penghargaan ini mendapat dukungan dari Menteri LHK. Penghargaan seperti ini diharapkan dapat diberikan kepada pihak-pihak di wilayah kerja Manggala Agni lainnya juga seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua, untuk meningkatkan pelibatan aparat-aparat di tingkat tapak.

Hadir dalam acara penyerahan award tersebut Direktur Pengendalian Kebakaran Huran dan Lahan bersama jajaran.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan keberhasilan Indonesia dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan dalam Talkshow Pesona Kampus Hijau yang diselenggarakan di Kampus IPB University, Dramaga, Bogor.

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI