DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

PENANAMAN POHON SEREMPAK KEMBALI DILAKSANAKAN DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

NTB (BPPI JBN)Penanaman Pohon Serempak di seluruh Indonesia kembali dilaksanakan, Kamis (7/2024). Penanaman Pohon Serempak merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden Joko Widodo, dan pada kesempatan kali ini juga untuk memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-41. 

Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara ikut menyemarakkan Penanaman Pohon Serempak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi penanaman secara admistratif berada di Desa Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. 

Penanaman Pohon Serempak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dipimpin oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bapak Drs. Alue Dohong, M.Sc, Ph.D, dilaksanakan oleh 250 orang peserta yang terdiri dari Balai PPI Wilayah JabalNusa-Seksi Wilayah III bersama dengan Balai Pengelolaan DAS Dodokan Moyosari, Balai TN Gunung Rinjani, UPT KLHK lain di Provinsi NTB, Staf Ahli Gubernur NTB, Danrem 162 Wira Bhakti, Polda NTB, Direktur Perbenihan Tanaman Hutan KLHK, Kepala P3E Bali Nusra, Kepala Dinas LHK Lombok Timur, Green Ambasador, Pramuka Saka Wanabakti, Kader Konservasi, Tokoh Masyarakat Sembalun, Kelompok Masyarakat Sembalun, Masyarakat Mitra Polhut dan Masyarakat Peduli Api.

Penanaman yang berlokasi pada Zona Pemanfaatan Resort Sembalun, Seksi Pengelolaan TN Wilayah II, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani tersebut dilakukan pada areal tanam seluas ±1 Ha. Sejumlah 480 bibit tanaman Jenis Beringin (Ficus benjamina), Klokos (Syzigium hemsleyanum) dan Jukut (Syzigium polyanthum) telah ditanam oleh seluruh peserta. 

Penanaman Pohon Serempak di seluruh Indonesia dipimpin langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.  Pada sambutannya Ibu Menteri menyampaikan bahwa penanaman serentak ini sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan, serta upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan memperbanyak tegakan pohon/tanaman juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat umum atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya kegiatan penanaman pohon. 

”Pada kesempatan Hari Bhakti Rimbawan ke-41 ini saya mengajak seluruh rimbawan baik di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran dan kegiatan nyata di tingkat tapak secara masif dan terukur. Sebagaimana komitmen-komitmen yang selalu disampaikan pada berbagai forum global/multilateral, Indonesia memandang sangat penting untuk memastikan bahwa komitmen-komitmen tersebut dipenuhi melalui kebijakan dan aksi-aksi nyata, untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya melalui Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, salah satunya dengan menanam dan memelihara pohon sebanyak mungkin”, ungkap Ibu Menteri pada akhir sambutan. (Tim Humas Sekwil 3 PPI JBN, Ed. JDC)

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI