DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

KLHK PERKUAT SDM PENYELENGGARA NILAI EKONOMI KARBON

SETDITJENPPI- Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa Lokalatih ini diikuti sekitar 40 orang yang berasal dari Aparatur Sipil Negara, Individu dan/atau Karyawan Perusahaan pemegang Perizinan Berusaha Pengelolaan Hutan (PBPH), Lokalatih tersebut akan diisi dengan materi terkait manajerial, teknis dan sosio kultural, berupa teori, diskusi dan menelaah berbagai dokumen terkait Nilai Ekonomi Karbon.

”Lokalatih ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja kepada peserta tentang Nilai Ekonomi Karbon untuk Pencapaian Target NDC dan Pengendalian Emisi GRK Dalam Pembangunan Nasional”, terang Siti.

”Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, peserta diharapkan mampu memahami regulasi dan kebijakan penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) untuk pencapaian target NDC”, lanjut Siti.

Di dalam NDC, target pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Indonesia pada tahun 2030 diharapkan dapat turun sebesar 31,89% dengan upaya sendiri dan sebesar 43,20% dengan bantuan internasional dibandingkan dengan Bussiness as Usual (BAU). Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2021), total tingkat emisi naik sebesar 6,9 %. namun tingkat emisi tahun 2022 apabila dibandingkan dengan pada tahun yang sama menunjukkan pengurangan sebesar 42%.

Di akhir Lokalatih, peserta juga diharapkan dapat memberikan arahan dan menjelaskan mengenai operasionalisasi perdagangan karbon, perdagangan karbon luar negeri melalui Kerjasama internasional, RBP REDD+, Skema Sertifikasi Pengurangan Emisi GRK Indonesia (SPEI), Peta Jalan NDC, dan Peta jalan perdagangan karbon. Selanjutnya peserta akan dibekali pengetahuan dan keterampilan Penyusunan DRAM, Pencatatan dan Pelacakan pada SRN PPI, serta Validasi dan Verifikasi.

Untuk pembaca yang ingin mengetahui mengenai Nilai Ekonomi Karbon termasuk perdagangan karbon lebih lanjut, disarankan untuk melihat penjelasan pada FAQ di https://karbon.ditjenppi.org/. Namun jika jawaban pada FAQ belum bisa menjawab pertanyaan pembaca maka dapat dilakukan konsultasi melaluui petugas kami dengan pemesanan jadwal sebelumnya melalui https://karbon.ditjenppi.org/reservasi-konsultasi. (JDC)

-oOo-

Telepon: +62 (21) 5730144

Faksimili: + 62 (21) 5720194

Email: setditjenppi@gmail.com atau setditjenppi@menlhk.go.id 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor

Jl. Gatot Subroto, Senayan

Jakarta - Indonesia 

InstagramTwitterFacebookYouTube

MEDIA SOSIAL DITJEN PPI